
Amril Amarullah,
Jurnalis
·
Senin, 23 Juli 2018 - 08:18 wib
MADINAH – Upaya pemerintah untuk memberikan
pelayanan terbaik kepada jamaah haji Indonesia dengan memperbaiki
sejumlah fasilitas yang ada di Tanah Suci patut diacungi jembol. Baik
pemondokan, transportasi, katering, bimbingan haji, keamanan, dan juga
kesehatan.
Jauh dari kesan buruk, itulah gambaran Tim Media Center Haji
(MCH) ketika mendapat kesempatan melihat langsung fasilitas hotel yang
ada di beberapa kamar boleh dikatakan membanggakan. Tentu ini bukan
isapan jempol semata, bahkan ada yang selevel bintang lima.
BERITA REKOMENDASI
Kamar tersebut sudah dilengkapi pendingin ruangan (AC), kulkas, televisi LED, dan kasur empuk. Begitupun fasilitas kamar mandi yang jauh dari kesan buruk. Terlihat ada heater (pemanas air), hair dryer, dan kasur empuk. Jamaah juga bisa mencuci pakaian langsung menggunakan mesin cuci, termasuk disediakan tempat menjemur.
Dari 107 hotel di Madinah yang disiapkan panitia, rata-rata berjarak dekat, paling jauh 500 meter dari Masjid Nabawi. Salah seorang Jamaah asal Bekasi mengaku puas dengan pelayanan hotel. Tempatnya rapi, bagus, dan juga lengkap. Satu yang terpenting dekat dengan Masjid Nabawi.
“Alhamdulillah bagus, memuaskan, apalagi dekat dengan Masjid Nabawi,” ujar Babeh Duloh –biasa ia disapa.
Bukan hanya di Madinah, hotel yang disiapkan panitia di Makkah pun demikian. Di sektor 2 di Jawahrat Al Abead Hotel yang berjarak sekira 3,2 km dari Masjidil Haram ini memiliki 12 lantai dan berdinding full marmer.
"Lift yang digunakan modern karena menggunakan tombol sentuh, bahkan ada bunyi peringatan ketika overload penumpang," ujar Endang Jumali, Kadaker Makkah.
Bahkan ada masjid disediakan di hotel ini, untuk jamaah yang akan menunaikan ibadah salat berjamaah. Tidak sedikit jamaah yang memanfaatkan untuk tahlilan atau kegiatan keagamaan lainnya.
(han)
About the Author
0 komentar: